show detail

L.POINT 약관

Syarat dan Ketentuan Layanan Kartu L.POINT


Tujuan dari syarat dan ketentuan ini adalah untuk menetapkan hak dan kewajiban para anggota dan PT. Lotte Members Indonesia ("Perusahaan") dan prosedur yang terkait untuk para Anggota L.POINT Card dalam menggunakan layanan kartu keanggotaan yang disediakan.


Pasal 1 (Definisi)

1. “Para Anggota L.POINT Card" berarti para anggota dari kartu keanggotaan yang menyetujui syarat dan ketentuan, mengajukan penerbitan kartu keanggotaan kepada perusahaan dan telah diterbitkan kartu keanggotaannya oleh perusahaan (selanjutnya disebut "anggota").

2. “L.POINT Card” berarti kartu yang tidak mempunyai fungsi sebagai alat pembayaran yang digunakan secara eksklusif oleh para anggota, yang telah disetujui oleh perusahaan untuk penggunaan secara wajar layanan kartu L.POINT (selanjutnya disebut "kartu anggota").

3. “Layanan Kartu L.POINT” berarti layanan pengelolaan poin dan layanan istimewa yang disediakan oleh perusahaan kepada para anggota.

4. "L.POINT" berarti poin yang dapat diakumulasikan atau digunakan pada saat anggota melakukan transaksi di toko afiliasi perusahaan menurut kebijakan perusahaan (selanjutnya disebut "poin").


Pasal 2 (Keanggotaan dan Penerbitan Kartu Anggota)

1. Setiap pelanggan yang ingin menjadi anggota dapat mengajukan keanggotaan dan mengisi semua informasi yang dibutuhkan pada formulir aplikasi keanggotaan sebagaimana ditentukan oleh perusahaan dan menyetujui syarat dan ketentuan ini dan persetujuan untuk pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi pribadi.

2. Anggota wajib memperlihatkan kartu anggota mereka pada saat ingin melakukan pemakaian layanan.

3. Kartu anggota hanya dapat digunakan oleh pemilik kartu anggota tersebut dan tidak boleh dipindahtangankan ke pihak lain tanpa adanya persetujuan dari perusahaan. Ketika anggota menunjukkan kartu anggota dalam rangka penggunaan layanan, perusahaan dan penyedia layanan dapat meminta anggota untuk menunjukkan kartu identitas untuk melakukan verifikasi identitas anggota untuk menerima layanan keanggotaan.

4. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang diderita oleh anggota sebagai akibat dari pelanggaran yang dijelaskan pada ayat 3.

5. Apabila kartu anggota rusak, hilang atau dicuri, anggota tersebut harus memberitahukan perusahaan perihal kondisi tersebut. Setelah menerima pemberitahuan tersebut dari anggota, perusahaan segera mengambil tindakan yang diperlukan, seperti mendaftarkan kejadian dan membekukan penggunaan kartu anggota yang terkait.Perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap segala kerusakan yang terjadi sebelum anggota tersebut memberikan pemberitahuan sebagaimana yang diatur disini.

6. Setiap anggota dapat mengajukan pengunduran diri dari keanggotaan secara tertulis, lewat telepon, atau metode lainnya yang ditentukan oleh perusahaan dan perusahaan akan segera mengambil tindakan yang diperlukan terhadap pengunduran diri dari keanggotaan berdasarkan permintaan anggota yang terkait.

7. Apabila anggota meninggal dunia, keanggotaan dari anggota tersebut secara otomatis akan dibatalkan tanpa adanya pemberitahuan terpisah.

8. Dalam hal terjadi salah satu kondisi berikut ini, perusahaan dapat membatalkan keanggotaan anggota dengan memberikan pemberitahuan kepada anggota terkait. Anggota dapat memberikan penjelasan bahwa kejadian tersebut bukan karena tindakan yang disengaja atau kelalaian. i) Anggota mendaftarkan informasi palsu pada saat menyerahkan formulir aplikasi keanggotaan ii) Anggota menggunakan layanan melalui cara-cara yang tidak sah atau untuk tujuan yang salah seperti akumulasi yang tidak sah dan penggunaan poin.


Pasal 3 (Akumulasi dan Penggunaan Poin)

1. Poin anggota yang membeli produk atau menggunakan layanan dari perusahaan dan melakukan pembayaran akan diberikan poin-poin berikut seperti yang diumumkan oleh perusahaan. Dengan ketentuan bahwa segala pajak yang dikenakan sehubungan dengan akumulasi poin tersebut akan ditanggung oleh anggota: *Poin yang diperoleh = (Harga yang dibayar untuk pembelian produk atau penggunaan layanan - jumlah yang dibayarkan dengan poin akumulatif) x (rasio akumulasi poin yang diumumkan)

2. Anggota dengan minimum poin yang tersedia sebesar 1.000p (10.000p untuk lotte shopping avenue) dapat menggunakan poin tersebut sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh perusahaan. 1 poin senilai dengan 1 rupiah.

3. Akumulasi poin dapat dilakukan selambatnya 7 hari dari tanggal transaksi pembelian barang/jasa di afiliasi L.POINT

4. Poin yang diperoleh dapat digunakan mulai dari tanggal poin tersebut diakumulasikan sampai dengan 2 tahun, dan poin yang tidak digunakan dalam jangka waktu tersebut akan hangus.

5. Poin dan manfaat keanggotaan tidak dapat dialihkan dan tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai. Poin otomatis akan hangus jika tidak digunakan dalam masa berlaku.

6. Poin tidak akan dapat digunakan pada saat anggota melakukan pengunduran diri dan apabila dalam waktu 90 hari anggota tidak mendaftarkan diri kembali maka poin tersebut akan hangus.

7. Apabila keanggotaan dibatalkan, maka poin terakumulasi milik anggota tersebut akan hangus. Akan tetapi apabila keanggotaan dipulihkan, maka poin akan dikembalikan seperti semula.


Pasal 4 (Pengumpulan Informasi Pribadi)

1. Perusahaan mengumpulkan informasi pribadi para anggota melalui informasi yang diberikan oleh para anggota ketika mereka menyerahkan formulir aplikasi keanggotaan dan informasi yang diperoleh setelahnya ketika para anggota menggunakan kartu anggota. Perusahaan dapat menganalisa informasi tersebut dan menggunakannya untuk kegiatan pemasaran dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para anggota.

2. Perusahaan akan menggunakan informasi pribadi para anggota yang sudah dikumpulkan hanya dalam lingkup tujuan yang tercantum dalam Persetujuan untuk Pengumpulan, Penggunaan, dan Pengungkapan Informasi Pribadi dalam rangka mengoptimalkan layanan kepada para anggota dan untuk melaksanakan pemasaran yang berorientasi pada pelanggan melalui vitalisasi layanan, dan hanya mengungkapkan informasi pribadi tersebut kepada penerima yang tercantum di dalam persetujuan tersebut.

3. Perusahaan akan melaksanakan sendiri kegiatan yang berkaitan dengan perlakuan dan pengelolaan informasi pribadi para anggota yang sudah dikumpulkan ("Perlakuan dan Pengelolaan Informasi Pribadi"), dengan ketentuan bahwa perusahaan dapat menunjuk sebuah perusahaan untuk menjalankan seluruh atau sebagian dari kegiatan perlakuan dan pengelolaan informasi pribadi jika dianggap perlu.

4. Perusahaan dapat menyimpan dan menggunakan informasi pribadi para anggota hanya selama jangka waktu para anggota mempertahankan keanggotaannya. Informasi pribadi para anggota yang mengundurkan diri dari keanggotaan atau yang keanggotaannya dibatalkan akan dihapus atau dihancurkan.


Pasal 5 (Layanan)

1. Rincian terhadap layanan yang disediakan oleh perusahaan kepada para anggota, seperti rasio akumulasi poin dari layanan dan standar untuk menggunakan poin, dapat diubah sesuai dengan kondisi perusahaan dan kebijakan bisnis, dan perusahaan wajib memberitahukan para anggota perihal rincian perubahan tersebut melalui e-mail, pemberitahuan tertulis, pengumuman lewat toko-toko atau SMS setidaknya tiga (3) bulan sebelum tanggal dimana perusahaan berniat untuk mengakhiri layanan.

2. Syarat dan ketentuan ini dapat diubah. Apabila perusahaan berniat untuk mengubah syarat dan ketentuan ini, maka akan ditampilkan pada situs web perusahaan bahwa syarat dan ketentuan ini akan diubah, rincian untuk perubahan tersebut dan lain sebagainya, setidaknya satu (1) bulan sebelum tanggal dimana perusahaan berniat untuk memberlakukan syarat dan ketentuan yang diubah tersebut, dan akan memberikan pemberitahuan kepada para anggota melalui e-mail atau SMS.

3. Semua pertanggungjawaban untuk pelanggaran syarat dan ketentuan ini akan ditanggung oleh pihak yang melanggar dan pihak pelanggar tersebut harus mengganti kerugian pihak lain untuk kerugian yang timbul akibat pelanggaran tersebut.

Persetujuan untuk Pengumpulan, Penggunaan, dan Pengungkapan Informasi Pribadi


Anggota dengan ini menyetujui pengumpulan, penggunaan, dan pengungkapan informasi pribadi anggota ke pihak ketiga oleh Lotte sebagai berikut:


1. Tujuan dari Pengumpulan dan Penggunaan Informasi Pribadi

- Mengatur dan membedakan pengoperasian layanan kartu L.POINT kepada anggota (akumulasi/penggunaan poin dan layanan istimewa lainnya).

- Pengembangan layanan melalui analisis pelanggan.

- Marketing, promosi, penyelesaian konflik dan masalah dll.


2. Jenis Informasi yang Dikumpulkan dan Digunakan

- Nama, tanggal lahir, jenis kelamin, warganegara, no.KTP/Passport/NPWP, alamat rumah/kantor dan no.telepon dll.

- Informasi pembelian barang/jasa yang dilakukan oleh pelanggan.


3. Jangka Waktu Penyimpanan dan Penggunaan Informasi Pribadi

- Dari tanggal pendaftaran anggota sampai pada tanggal pengunduran diri/keanggotaan dibatalkan.


4. Pihak Penerima Informasi Pribadi

- Perusahaan afiliasi dan partner grup Lotte yang berdiri menurut hukum yang berlaku di Indonesia.

- Afiliasi Lotte Grup di luar negeri.

- Penyedia pelayanan pengolahan informasi pribadi untuk kepentingan marketing dan promosi.